Sunday, July 28, 2013

PIDATO PERINGATAN MAULID NABI

Assalaamu 'alaikum wr wb.

Para hadirin hadirat yg kami hormati..
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah swt, atas nikmat dan rezekinya yg telah diberikan kepada kita. Sehingga pada malam yg berbahagia ini kita dapat berkumpul untuk memperingati lahirnya junjungan kita Nabi besar Muhammad saw.
Para hadirin wal-hadirat, para Alim Ulama, "Tetuha masyarakat", muslimin muslimat sekalian..
Kita sekarang berada dalam bulan Rabi'ul awal 1434 Hijriyah, bulan dimana Nabi kita Muhammad saw. Lahir di kota Makkah 12 Rabi'ul awal tahun gajah, atau 20 april 571 Masehi.
Nabi kita lahir dikalangan umat manusia yg hidup dalam ke-jahiliyah-an, kegelapan serta kehilangan pegangan hidup.
Di tengah-tengah umat manusia yg tenggelam dalam lumpur kebobrokan dan kebinasaan itulah, Nabi Muhammad saw diutus oleh Allah untuk menyelamatkan manusia. menjadi rahmatan lil 'alamiin.
Dalam peringatan Maulid Nabi, seperti yg kita laksanakan pada saat ini, hendaknya kita sambut dengan gembira dan bersyukur, untuk kita ambil suri tauladan, pembangkit semangat untuk mencapai kemajuan di segala bidang.
Para hadirin hadirat..
Ada 2 segi yg perlu 'kami' sampaikan pada kali ini, untuk kita analisa, teladani dan akhirnya kita amalkan di kehidupan sehari-hari.
1.      Kalau kita analisa dari segi MUHAMMAD sebagai manusia biasa, maka hakekatnya, beliau itu adalah insan kamil (manusia sempurna) lahir dan batin. Beliau menggembala kambing, berdagang, menjahit pakaian, berumah tangga, bersenda gurau dengan anak istri, dan lain-lain. Namun dibalik semua itu para hadirin.. tersembunyi pada diri beliau sifat-sifat utama, terpuji, agung, sifat yg tak dimiliki pada setiap orang.Beliau seorang yg jujur dalam perkataan dan perbuatan. maka beliau diberi julukan AL-AMIN (Orang yg dapat dipercaya), julukan ini belum pernah diberikan kepada siapapun sepanjang sejarah kehidupan manusia.
Para hadirin.. Pada diri Rasulullah saw, terkumpul pula sifat-sifat: keberanian, keramahan, kesabaran, kesetia-kawanan, keikhlasan, kesederhanaan, kerendahan hati dan sebagainya. Sifat-sifat terpuji beliau itu diakui baik oleh Sahabat maupun oleh "MUSUH". Bahkan Allah swt sendiri menyatakan dalam firman-Nya, yg artinya : "Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yg luhur" (Q.S. Al-Qalam :4)
Para hadirin yg kami hormati
2.      Kemudian kalau kita analisa dari segi 'beliau' sebagai utusan Allah dan sekaligus sebagai pemimpin dunia adalah : bahwa beliau diutus oleh Allah swt bukan untuk orang Arab atau masyarakat timur tengah saja. Tetapi beliau diutus untuk seluruh alam.
Para hadirin sekalian, Nabi Muhammad saw diutus oleh Allah swtmengemban amanah yg suci,yakni menyampaikan wahyu kepada seluruh umat manusia.
Memang tak akan ada habisnya kalau kita terus dan terus menganalisa "kelahiran dan perjalanan hidup Nabi kita" karena keterbatasan waktu, kiranya kami cukupkan sampai disini.. Mohan maaf bila ada kata yg kurang berkenan.. wabillaahi taufiq wal-hidayah

Wassalaamu 'Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

0 comments:

Post a Comment