Untuk teman-teman perawat ataupun calon perawat ini ada tips
buat kalian teman sejawat.. Satu hal yang paling diinginkan semua pasien adalah
munculnya sosok perawat yang selalu bisa membuat mereka nyaman.
Perawat yang tidak hanya datang ketika mereka butuhkan,
namun juga perawat yang selalu siap, kapanpun.!!! Jika kita berbicara tentang
perawat ideal, maka akan banyak muncul versi.
- Perawat yang murah senyum,
- perawat yang tidak judes,
- perawat yang rendah hati dan tidak sombong,
- dan masih banyak versi-versi lain yang tentu saja tidak ada yang salah.
Pada kesempatan kali ini saya ingin perkenalkan kepada anda
sebuah gambaran tentang sosok perawat yang ideal.
Secara umum makna perawat
ideal adalah perawat yang
didambakan atau selalu diharapkan kehadirannya oleh setiap pasien.
Menurut terminologi,
kata ideal berhubungan erat dengan kata ide dan idealisme. Perawat yang ideal
adalah perawat yang memiliki ide dan idealisme.
Perawat yang ideal
adalah mereka yang mampu untuk menjadi I.D.E.A.L
I-nya adalah
Implikasi yang terbaik (The Best Implication)
Perawat yang ideal
adalah perawat yang selalu memberikan efek dan hasil yang terbaik, tidak
hanya bagi pasien, namun juga bagi intitusi. Perawat yang ideal adalah perawat yang selalu memiliki kinerja
puncak (peak performance) dimanapun dia berada. Perawat yang selalu bisa
mengeluarkan yang terbaik dalam diri mereka untuk dipersembahkan dalam
pengabdiannya. Perawat dengan implikasi yang terbaik akan selalu berfokus pada
hasil, bukan pada kesulitan atau masalah yang muncul dalam proses mendapatkan
hasil.
D-nya adalah Determinasi
yang penuh totalitas (Totality Determination)
Perawat yang ideal adalah mereka yang selalu memiliki tekad (determinasi) yang total, tidak setengah-setengah. Tekad yang bulat. Mereka tidak pernah goyah pada masalah, tidak pernah menyerah pada kesulitan, karena mereka selalu yakin bahwa tekad kuat mereka tidak akan pernah tersia. Mereka yakin bahwa masalah dan kesulitan adalah sesuatu yang diperlukan sebagai pemanis sejarah dan mereka yakin bahwa senyum pasien lebih berharga dari apapun.
Perawat yang ideal adalah mereka yang selalu memiliki tekad (determinasi) yang total, tidak setengah-setengah. Tekad yang bulat. Mereka tidak pernah goyah pada masalah, tidak pernah menyerah pada kesulitan, karena mereka selalu yakin bahwa tekad kuat mereka tidak akan pernah tersia. Mereka yakin bahwa masalah dan kesulitan adalah sesuatu yang diperlukan sebagai pemanis sejarah dan mereka yakin bahwa senyum pasien lebih berharga dari apapun.
E-nya adalah
Ekspektasi yang positif (Positif Expectation) Perawat yang ideal adalah mereka yang selalu yakin terhadap diri
mereka. Mereka tidak pernah memikirkan kegagalan karena yang ada dalam benak
mereka adalah kesuksesan. Mereka memiliki harapan yang positif terhadap apa
yang mereka jalani. Tidak hanya itu, perawat yang ideal adalah mereka yang
mampu membuat pasien mereka tumbuh harapannya kembali (sering disebut dengan
proses reinforcement). Perawat ideal
adalah mereka yang mampu menjadikan diri mereka sebagai pahlawan bagi hati
mereka dan mampu membuat pasien merasa menjadi pahlawan bagi diri mereka.
A-nya adalah
Aplikasi yang tepat waktu dan tepat sasaran (The Right Application) Sebuah
ungkapan yang menarik menyatakan bahwa sesuatu yang baik dan benar tidak akan
bermanfaat jika berada di tempat dan waktu yang salah.
Perawat yang ideal adalah mereka yang mampu menempatkan kompetensi mereka dengan tepat. Tepat sasaran dan tepat waktu. Mereka tidak secara asal melakukan tindakan, namun didasarkan pada SOP atau teori yang sudah disepakati. Perawat ideal adalah mereka yang mampu bertindak dengan cepat namun cermat. Perawat ideal adalah mereka yang tidak bertindak jika tidak memiliki wewenang karena mereka menyadari bahwa ada tanggungjawab disetiap aplikasi tindakan mereka.
Perawat yang ideal adalah mereka yang mampu menempatkan kompetensi mereka dengan tepat. Tepat sasaran dan tepat waktu. Mereka tidak secara asal melakukan tindakan, namun didasarkan pada SOP atau teori yang sudah disepakati. Perawat ideal adalah mereka yang mampu bertindak dengan cepat namun cermat. Perawat ideal adalah mereka yang tidak bertindak jika tidak memiliki wewenang karena mereka menyadari bahwa ada tanggungjawab disetiap aplikasi tindakan mereka.
L-nya adalah
Liabilitas yang tidak terbatas (Unlimited Liability) Dua kata yang sangat dekat
dengan dunia keperawatan, yaitu tanggung jawab dan tanggung gugat.
Perawat yang ideal adalah mereka yang selalu mampu dan berani untuk bertanggung-jawab dan gugat (Liability) terhadap setiap tindakan yang mereka lakukan. I.D.E.A.L hanya salah satu dari banyak model yang bisa digunakan untuk memotret profil perawat ideal. Kita semua berharap, perawat ideal akan benar-benar muncul di bumi Indonesia.
Perawat yang ideal adalah mereka yang selalu mampu dan berani untuk bertanggung-jawab dan gugat (Liability) terhadap setiap tindakan yang mereka lakukan. I.D.E.A.L hanya salah satu dari banyak model yang bisa digunakan untuk memotret profil perawat ideal. Kita semua berharap, perawat ideal akan benar-benar muncul di bumi Indonesia.
Bukan sekedar kata dan wacana, namun sosok PERAWAT yang selalu didambakan dan
dinantikan setiap orang. Jika anda ingin menjadi perawat ideal, jadilah
I.D.E.A.L…Berlombalah untuk itu..
7 Cara Menjadi
Perawat Profesinal
Apakah anda perawat ? anda wajib membaca postingan ini.
Bagaimana menjadi perawat profesional ?
Dalam menuju era globalisasi ini profesionalisme perawat
sangat diperlukan. Perawat profesional menjadi salah satu keharusan yang harus
dimiliki oleh dunia kesehatan kita. Di tangan perawat profesional juga pasien
yang dirawat mengharapkan perawatan dan pelayanan yang baik dan iklas. Perawat
profesional membutuhkan kapasitas dan kualitas yang sesuai standar.
Lalu bagaimana cara untuk menjadi perawat profesional.
Berikut pendapat saya :
- Milikilah pendidikan perawat yang sah.
- Yakinlah bahwa jenjang pendidikan yang tinggi bukan jaminan menjadi perawat profesional.
- Harus memiliki 3 kompetensi dasar, Â yaitu kompetensi yang diperoleh melalui pelatihan yang intensif, komponen intelektual yang bermakna dalam melakukan tugasnya, dan memberikan pelayanan yang penting kepada masyarakat.
- Mempunyai standar kompetensi dan patuh pada kode etik profesi.
- Mampu memberi kepuasan pada pasien, meliputi kecepatan & ketepatan dalam pemberian pelayanan, senyum dan tulus.
- Bersikaplah Komunikatif dengan pasien dan berdedikasi tinggi dalam merawat pasien.
- Terus menggali dan belajar ilmu perawatan terbaru sehingga keterampilan  sebagai perawat semakin baik.
Mungkin itu aja yaa postingan gw tentang PERAWAT .. makasih juga sama http://sarimawatie.blogspot.com/2012/10/tips-jadi-perawat-profesional.html engkau sumber refrensi yang baik :)
salam
-Galauest-
salam
-Galauest-
0 comments:
Post a Comment